Rabu, 21 Januari 2009

OZON PART 4

Well, lama kita tak bersua dengan pak Ozon. Alangkah baiknya kita lanjutkan episode terdahulu tentang pak Ozon. kalau yang belum baca ozon-ozon yang lain, silakan klik ozon series disini:
ozon part 1
ozon part 2
ozon part 3
Kali ini topik kita adalah zat-zat kimia yang MEMBENCI-nya.
Beberapa zat kimia dapat bereaksi dengan ozon di kawasan stratosfer, mengakibatkan proses pembantaian ke om Ozon ini berlangsung lebih cepat dibandingkan dengan proses pembentukannya kembali. Zat zat ini In English mempunyai nick keren, disebut ODS, singkatan dari Omas Dendam Sekali, okay, just kidding, yang benar adalah Ozone Depleting Substances. ODS yang sangat berbahaya ini bermacam macam jenisnya, di antaranya adalah:
• CFC (bacanya cukup sulit neh… Chlorofluorocarbon), hm, kelihatannya sangat tidak lezat.
CFC ini adalah sekumpulan zat kimia yang terdiri atas tiga jenis unsur yaitu, Klor (Cl), Fluor (F), dan karbon (C). Zat ga enak ini berasal dari hasil proses industri dan mempunyai watak: Tidak beracun, Tidak dapat berakar, dan Tidak dapat dimakan, oke, becanda untuk kalimat terakhir. Watak lainnya adalah ia sangat stabil (bukan tipe moody kaya’ saya) karena ia tidak mudah bereaksi (tipe cool, dan jaim). Selain itu CFC juga disebut sebagai salah satu gas rumah kaca, tanya kenapa?
• Halon: komposisi yang hampir sama dengan CFC, yaitu klor, fluor, karbon, ditambah unsur Brom (Br). Ia mempunyai watak lebih JAHAT daripada CFC, jadi tingkat merusaknya lebih parah (jiwa pemberontak, eh?) . Untuk watak yang lain juga hampir sama dengan CFC, namun, ingat, ia BERACUN. Whoa!! (ilustrasi : sinchan joget ala Britney Spears dengan backsound Toxic)
• Dan yang terakhir adalah dinitrogen oksida (N2O) : zat ini terjadi dalam proses perombakan oleh mikroorganisme di tanah.

1 komentar:

  1. Wow! Nice info... bagus juga penyajiannya..... Ini yang nulis Rima ato mbaknya?

    Hm, tulisannya worthy banget kali ini......

    BalasHapus