Selasa, 27 Januari 2009

OZON PART 5

Bicarain om Ozon, ga’ ada habisnya sobat! (yaiyalah, posting-nya aja setengah-setengah)
Kali ini kita akan bahas lagi, jenis jenis ozon secara spesifik beserta benda-benda yang memproduksinya.

CFC

Dengan sifat fisik (seperti binaragawan atau kuli bangunan), CFC sangat ideal untuk industri. CFC sendiri (Centuky Fried Chicken, eh?) terdapat dalam beberapa paket, tidak termasuk paket panas. Misalnya paket : CFC-11, CFC-12, dan CFC-13, yang digunakan dalam berbagai industri.
Contoh:
• Bahan pendingin dalam kulkas dan AC mobil menggunakan paket CFC-12, paket ini akan teremisi ke udara kalau alat pendingin rusak atau zat pendinginnya diubah. Saat ini, terdapat zat-zat pendingin alternatif yang tidak merusak otak Om Ozon, misal paket HC (hunian cinta, eh?) dan R-134a (mirip nomor rumah kontrakan). Tapi, R-134a merupakan salah satu gas rumah kaca yang kuat, oleh karena itu bukan merupakan alternatif yang baik, sedangkan HC mempunyai titik bakar tinggi sehingga mudah meledak. Bum! (cinta emang mudah meledakkan hati kan? Hayoo.. ngaku deh!)
• Pembuatan Busa, misal untuk bahas pembungkus (tau kan? Kalo kita beli alat elektronik pasti dilapisi), dan matras (tau kan? Digunakan saat pelajaran Olahraga materi Rolling) , menggunakan CFC 11. paket CFC 11 ini akan teremisi ke udara selama proses produksi pembuatan busa, tetapi bahan busa itu sendiri tidak menggandung CFC.
• Bahan pelarut untuk membersihkan permukaan “microchip” dari berbagai jenis kotoran, menggunakan pake CFC-113. CFC ini akan teremisi sealam proses pelarutan atau pembersihan.
• Gas pendorong pada aerosol, misalnya dalam bentuk industri Make-Up (kosmetik.red), insektisida dll, menggunakan campuran CFC-11, dan CFC-12. CFC ini akan teremisi ke udara setiap kali KITA mengguankan aerosol, seperti HAIR SPRAY dan PARFUM dan DEODORANT SPRAY. (Argh! Suatu dilema kan? Kalau memakai sama dengan membunuh om OZON secara perlahan sedangkan kalau TIDAK memakai, membunuh teman di samping kita karena Bau badan) pilih mana? He..he..he.. anyway, selalu ada alternatif untuk setiap masalah. Gas pendorong alternatif pada aerosol antara lain oksigen, atau aerosol yang digunakan dengan sistem pompa.

HALON
Zat yang satu ini juga mempunyai beberapa paket, misal H-1211, H-1301. dari sifat fisiknya, halon sangat ideal untuk alat pemadam kebakaran di ruangan yang tidak boleh terkena air seperti pada :
Ruang Kontrol
Ruang laboratorium
Ruang Komputer
Ruang sentral telekomunikasi
Dll

Sayangnya, saat ini belum ada bahan alternatif yang baik untuk alat pemadam kebakaran tersebut.

Btw-btw, nyambung dari topik sebelumnya tentang ODS (Obama-Dodol-Sekali?) atau yang diterjemahkan menjadi Penggunaan bahan bahan perusak lapisan ozon, gimana keadaannya di negara kita TERCINTA, Indonesia?

Ternyata! Indonesia tidak MEMPRODUKSI sendiri zat ODS melainkan mengimpor dari beberapa negara untuk memenuhi keperluan industrinya. Nah, negara-negara itu adalah :
Somalia
Ethiopia
Dan Sri Lanka
Oke, salah, maaf..
Negara-negara penghasil ODS itu adalah…. Eng, ing, Eng…
USA
JERMAN
JEPANG
Menurut data Indonesia Country Program, besarnya IMPOR ODS (CFc dan Halon) adalah… adalah… adalah… ah, ini kenapa data lama sekali ya? Sebesar 7815 TON di tahun 1992!!!! Arghh!!! Maksudku, rasanya agak mustahil, entah data ini valid apa tidak, 7000 ton lebih?! Impor GAS? Buat apa saja coba tahun di tahun 92 yang belum maju maju amat?
Nah, diperkirakan.. karena waktu yang ditempuh ODS untuk mencapai stratosfer adalah 20-30 tahun, maka, jumlah zat ODS sebanyak tersebut akan merusak lapisan OZON setelah tahun 2020 (dipikir-pikir, mau jadi apa nasib BUMI tahun tahu ke depan?
Mami Loreng-Loreng said, tempo hari kapan itu di pasar Senin pas ketemuan dengan Mak Bongky, she look liked pale and sad:

“Our EARTH will change more DARK next year… and I call it MADESU, masa depan suram, just we are trying to kill OUR FUTURE together”

Hi..hi..hi… syuereem..

3 komentar:

  1. wah aku gak ngerti bro..
    ikut manggut manggut aja ya bro..

    BalasHapus
  2. Hm..... dah lama ga mampir ke sini......

    Post ini jayus bgt.... hm, emang bukan humor yah isinya..... heuehuehue.......

    "Hi..hi..hi… syuereem.." <--- lebih syerem yang nulis ini.... hihihihihi......

    BalasHapus
  3. utek ku lom mudeng ksini
    g baca dari awal c
    >.<
    hnya sbgian aja
    =p
    maw mpe episode kbrpa neh ozonx?

    BalasHapus