Jumat, 26 Desember 2008

OZON PART 3

hohoohoh ..
Sebelum kita gosipin lagi om Ozon, alangkah baiknya kita kenang dulu macam-macam cahaya yang dipancarkan pak Surya pada bu Bumi, antara lain:
• Sinar ultraviolet A (UV-A)
• Sinar ultraviolet B (UV-B)
• Sinar ultaviolet C (UV-C)
• Sinar ultraman Gaia (Kya!!!! Ketauan deh, dulunya ngefans berat sama mas Ultra..)
Dari tiga bagaian ultraviolet tersebut, UV-C dan UV-B berBAHAYA bagi makhluk hidup karena dapat menghancurkan sel sel dalam tubuh. Jadi, WASPADALAH..! WASPADALAH..! HO..HO..HO (Pesan dari Zus Luverth)

Kemarin, kita telah mempergunjingkan om Ozon yang ngontrak rumah di daerah troposfer, kini saatnya kita mengingat juga bahwa om Ozon yang ga’ buruk buruk amat tabiatnya ternyata tinggal dekat lumpur lapindo…sori, salah… maksudnya tinggal di daerah Stratosfer. Daerah ini merupakan kebalikan sifat dari om Ozon, karena ia ditugasi Our God untuk melindungi semua makhluk hidup dari pancaran sinar ultraviolet. Sebenarnya di daerah om Ozon tinggal, selalu ada acara pembentukan dan pengrusakan molekul molekul ozon sendiri, terjadinya secara alami, terus menerus dan seimbang. Dengan demikian konsentrasi ozon tetap konstan jika tidak ada KITA (wahai manusia pengacau dunia, ho… ho.. ho..)

Pembentukan dan pengrusakan molekul molekul ozon tersebut menyerap sinar UV-C dan UV-B sehingga tidak sampai ke bumi, dengan cara pahlawan banget seperti itulah, om Ozon melindungi kita semua dari pabcaran sinar ultraviolet yang jahat. Untuk masalah kaya’ gini neh, ultraman angkat tangan. Kalo’ semakin banyak molekul ozon yang berkonsentrasi tinggi, semakin banyak pula sinar UC-C dan UV-B yang diserap ozon. Trus kalo’ gas pencemar udara dari bumi mencapai lapisan ozon, proses pembentukan dan pengrusakan ozon terganggu, sehingga konsentrasi ozon menurun, itu berati daya serapnya terhadap ultraviolet berkurang , sehingga sebagian sinar ultraviolet dapat mencapai bumi, dan alien akan turun, menjajah kita.. dan argh!!! Kita akan mati!! Waspadalah! (sori, imajinasi gila)

liyad yg satu ini ..
lomba kompetisi website kompas MuDa-IM3






3 komentar:

  1. WOW! Meski pake bahasa yang aneh....... lumayan nih infonya..... n semua ini untuk lomba? Gila... kmu antusias banget......

    BalasHapus
  2. @alam
    nda juga
    aku juga penn belajar ttg lingkungn
    aku prihtin am bumi kita yg semakin lama semakin rusak
    hihihihiih

    BalasHapus