Sabtu, 13 Desember 2008

Warna Cat Rumah Anda

Olalala :z , masih bersama saya diacara belajar lingkungan itu asyik. Hari ini saya akan membahas tentang salah satu cara untuk mendinginkan rumah, bagi siapa saja yang merasa rumahnya panas seperti neraka (loh kan rumahku adalah surgaku), artikel ini cocok untuk kalian.


Begini, setelah saya jalan-jalan, mondar-mandir, kesana-kemari mencari referensi tetang Go Green, saya menemukan artikel yang menarik sekali. Ternyata cat tembok luar rumah dapat mengurangi panas dari luar. terbukti Warna tembok yang gelap akan menyerap panas antara 70-90% dari seluruh radiasi sinar matahari yang mengena pada daerah tersebut. Sebagian dari panas ini akan masuk ke dalam rumah dengan cara konduksi di tembok yang akan mengakibatkan panas di dalam rumah. Hal ini akan menambah energi yang diperlukan untuk menyejukkan ruangan hingga 20%.
Jadi warna terang dapat memantulkan cahaya matahari sehingga tidak akan diserap oleh tembok. Sebaliknya untuk warna cat gelap akan mengakibatkan panas karena panas matahari akan diserap oleh tembol. Untuk memilih warna cat tidak harus putih, bisa hijau dan biru. Selain untuk mendinginkan rumah juga dapat mempercantik rumah anda ;).
Dan yang terakhir adalah dapat memberi tanaman hijau yang merambat ke tembok, pasti rumah anda sekalian lebih dingin dan sejuk bagaikan disurga .

Sekian acara belajar lingkungan, sampai bertemu kembali diacara selanjutnya :D





3 komentar:

  1. wuihhhh keren mba.....pasti akan gw lakukan ntar kalo rumah gw jadi ...yg jelassss go green itu pasti...kebayangkan punya rumah adem, sejuk tenang , nyaman dimasa tua...duhhhhhh ngayal dulu yahhh

    BalasHapus
  2. ngekhayal terusssssss indo !!!

    BalasHapus
  3. menarik!semoga lbh banyak lagi yg cinta lingkungan seperti pemilij blog ini:) salam kenal, http://ronaruangalbanna.wordpress.com

    BalasHapus